Pages

Monday, May 4, 2009

Sekilas Mengenai Face Recognition Password

Well, udah lama gak ngoprek nih..!!! Maklum lagi broken heart...
(cie... ama siapa tuh, bang...?)
Udah lah masalah lope ntar bisa diposting tersendiri.


Nah, sekarang saya mau sedikit berbagi tentang software face recognition, tau kan...? Itu kaya pilem detektip dan spionase (baca : Mission Impossible) di tipi, yang jagoannya berhasil ngebobol brankas penjahat walo passwordnya gak pake kode kayak biasanya tapi pake scan retina mata.

Yupz..., teknologi face recognition memang teknologi yang boleh dibilang mengadaptasi bio password. Mungkin dulu (sampai saat ini) masih menggunakan sidik jari atau dikenal dengan teknologi fingerprint. Namun seiring dengan perkembangan zaman, muncul teknologi baru yaitu password dengan pengenalan wajah.

Kebetulan saya menggunakan Ideapad Y330 dari Lenovo. Nah, dari vendor Lenovo sendiri juga menyediakan software face recognition yang lebih dikenal dengan VeriFace. Cukup dengan nampang di depan webcam, maka urusan password jadi mudah. Untuk non-pengguna Lenovo jangan berkecil hati dulu, ada software yang hampir sama dengan VeriFace yaitu KeyLemon (bisa didownload di sini). Baik KeyLemon maupun VeriFace menggunakan scan wajah utuk membuka password. Pada dasarnya prinsip yang digunakan adalah perbandingan dan penghitungan jarak mata seseorang.

Udah cukup pengenalannya, nah sekarang ada kelemahan yang bisa digunakan untuk menipu software ini. Salah satunya adalah menggunakan foto pemilik password. Ini sudah saya buktikan sendiri dan ternyata VeriFace III tidak sehebat yang dikatakan. Hanya dengan foto dari phonecell, VeriFace III bisa dibobol.

Ya..., ternyata memang sehebat-hebatnya password, pastilah (suatu saat) akan dapat dibobol juga

Note :
  1. Ternyata VeriFace III (yang katanya khusus buat Vista) bisa jalan di Windows XP Professional SP-2
  2. KeyLemon bisa digunakan disemua komputer, termasuk PC asalkan memenuhi syarat minimal dan mempunyai webcam.

1 comment:

phitrie said...

skg emang lagi musim password pke biomedik ya seperti sidik jari, suara, muka bahkan da yang retina juga, tapi dari semuanya yang di klaim paling aman ya sidik jari soalna menurut info jg dari 64 milyar sidik jari baru ditemukan satu yang identik, bahkan kembar identik pun bisa memiliki sidik jari yang beda karena keunikan inilah sidik jari diklaim paling aman...kl di swasta maksudnya luar negeri klo g salah amerika da PBT(pay by touch) sistem pembayaran pke finger jadi g perlu nenteng2 ATM tiap mo belanja, praktis ya, tapi sayang di indonesia belum da, oia kenapa sistem password ATM g peke finger juga ya kan lebih aman dari pada kode2 yang bisa ja di bobol, klo pke finger kan aksi pembobolan ATM bisa dikurangi ya?